4 Cara Membersihkan Telinga yang Aman

Selasa, 21 Februari 2017 - 09:22 WIB
4 Cara Membersihkan Telinga yang Aman
4 Cara Membersihkan Telinga yang Aman
A A A
JAKARTA - Membersihkan telinga dengan cotton bud menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang. Cara ini dinilai mampu mengangkat seluruh kotoran yang ada dalam telinga. Sayangnya, para ahli menilai langkah ini tidak tepat.

Pasalnya penggunaan cotton bud bisa membuat kotoran telinga menumpuk lebih dalam. Kabar buruknya, kebiasaan ini juga bisa merobek gendang telinga. Lantas bagiamana cara membersihkan telinga yang tepat? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India.

1. Siapkan handuk lembut dan basahi dengan air untuk membersihkan rongga luar telinga.

2. Siapkan baby oil atau minyak mineral. Selain itu Anda juga bisa membuat cairan sendiri dari campuran cairan saline dengan satu sendok teh dan setengah cangkir air hangat atau menggunakan hidrogen peroksida dengan kandungan 3% atau kurang dan campur dengan air.

3. Gunakan kapas dan celupkan ke dalam cairan tersebut atau gunakan alat tetes jika Anda menggunakan baby oil atau minyak mineral. Selanjutnya miringkan kepala menghadap ke langit dan teteskan tiga kali cairan tersebut ke saluran telinga.

4. Tekan tulang rawan segitiga di permukaan luar saluran telinga dan pijat dengan lembut dalam gerakan memutar. Cara ini akan membantu sirkulasi cairan menjadi lebih baik. Terakhir, miringkan kepala ke arah lain dan biarkan cairan keluar. Ulangi cara ini pada telinga satunya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6166 seconds (0.1#10.140)